Tingkatkan kualitas pribadimu dengan bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris secara sistematis mulai dari dasar dengan ilustrasi-ilustrasi yang mudah dipahami

Pentingnya Menentukan Tujuan Dalam Menguasai Bahasa Inggris

Updated | Written by

Pentingnya Menentukan Tujuan Dalam Menguasai Bahasa Inggris – Sadar tidak sadar hidup yang dijalani tanpa tujuan akan terasa hampa. Segala sesuatu yang kita lakukan di hidup ini harus memiliki tujuan. Seseorang yang tidak memiliki tujuan akan bingung kemana ia harus melangkah. Dia pergi hanya untuk membuat waktu menjadi sia-sia.

Padahal waktu telah memberinya begitu banyak kesempatan dan peluang. Namun karena tak ada tujuan, ia tak mengerti bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan baik.

Yang ia mengerti hanyalah bagaimana melewati waktu dan menghabiskannya.

Tentu hal semacam itu jika dijalani terus-menerus akan membuatmu mati sebelum waktunya.

Sebelum kita membahas tujuan-tujuan dari setiap orang yang ingin mengusai bahasa Inggris, kamu harus mengetahui alasan terbesar mengapa kamu harus menentukan tujuan.

Tentu tak hanya menentukan tujuan. Tapi juga tujuan yang tepat dan terarah.

Ini tak terjadi hanya kepada orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris, tapi mempelajari apa saja.

Karena jika hanya membuat tujuan saja tapi tak tepat tujuannya. Maka kita tidak akan mendapatkan manfaat dari pembuatan tujuan tersebut dan kemungkinan terburuk adalah mengalami kegagalan di tengah jalan.

Lalu, kita akan bertanya apa itu tujuan dan mengapa kita harus memulai sesuatu dengan tujuan yang tepat ?

Pengertian

Tujuan adalah penjabaran visi dan misi. Tujuan adalah motivasi atau alasan. Tujuan juga adalah alasan kita membuat sebuah niat yang baik atau buruk. Tujuan adalah yang membuat kita bisa melangkah bersemangat untuk mencapai sesuatu. Tujuan adalah berupa hal yang akan dicapai.

Alasan Kita Harus menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris

Dari beberapa pengertian di atas. Kini kita bisa mengetahui mengapa kita harus menentukan tujuan dalam hal apapun, dan dalam hal ini adalah bahasa Inggris.

Sederhananya, kita harus menentukan tujuan agar kita bisa melangkah dan tau apa yang harus kita lakukan.

Dan tentu ketika tujuan yang dibuat tepat dan terarah, maka akan membuat kita semakin mudah menentukan langkah kita bahkan kita semakin bersemangat dalam menjalani langkah-langkahnya.

Jadi, alasan mengapa kita harus menentukan tujuan adalah agar kita bisa lebih mudah menentukan langkah kita karena semuanya akan lebih terarah.

Sebagai contoh,

Osas membuka pintu rumah dan keluar dari rumahnya. Ia memiliki tujuan yang baik dan jelas saat keluar rumah. 

Osas ingin memiliki sebuah piring cantik yang bisa dibeli di supermarket yang letaknya cukup jauh. Osas sangat ingin memilikinya. Jadi tujuan Osas ke supermarket adalah untuk mendapatkan piring cantik.

Karena lumayan jauh, Osas merencanakan kepergiannya. Ia akan berangkat dengan menggunakan motornya. Di tengah jalan ia lupa arahnya, karena sudah cukup lama tidak ke supermarket itu lagi.

Akhirnya osas membuka handphonenya dan ingin melihat Google Map. Tapi sayang tiba-tiba sms peringatan sisa kuota muncul. Dan ternyata setelah di cek kuotanya habis.

Karena memiliki keinginan yang jelas dan kuat tentu Osas tidak menyerah.

Kemudian Osas membeli sebuah kuota di gerai terdekat. Tapi kemudian masalah datang lagi.

Ia baru menyadari kalau uang yang ia bawa terbatas. Dan akhirnya ia memutuskan untuk bertanya ke orang yang ia temui.

“Mas, kalo mau ke Zupermarket lewat mana ya?”

“Wah saya ga tau, mungkin bisa tanya orang lain”.

Dan akhirnya ia bertanya kepada orang lain. Singkat cerita Osas berhasil pulang ke rumah dengan membawa piring cantik tersebut.

Dari cerita di atas, kita bisa mengetahui bahwa sebuah tujuan yang dibuat jelas dan berdasarkan keinginan yang kuat, bisa membuat kita terus bersemangat dan pantang menyerah dalam mencapainya walau di tengah jalan kita menghadapi masalah.

 

Contoh Menentukan Tujuan Dalam Menguasai Bahasa Inggris

1 Menentukan Tujuan Dalam Menguasai Bahasa Inggris Karena mengejar cinta

Bayangkan jika seseorang ingin menguasai bahasa Inggris karena memiliki tujuan untuk mendapatkan hati wanita.

Ia  menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris karena mengejar cinta wanita. Ia terus bersemangat mempelajari bahasa Inggris, dan tatkala ia mencoba untuk mendapatkannya tapi wanita itu malah menolaknya mentah-mentah.

Akhirnya, karena tujuannya saja sudah lenyap maka hilanglah sudah semangatnya lagi untuk menguasai bahasa Inggris. Akhirnya belajarnya putus di tengah jalan karena motivasinya sudah hilang.

menentukan tujuan dalam menguasai bahasa karena seperti itu adalah suatu hal yang kurang tepat

2 Menentukan Tujuan Dalam Menguasai Bahasa Inggris Karena game online

Ada juga yang ingin menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris karena game online. Ia memiliki tujuan agar bisa bermain game dan berinteraksi dengan pemain luar negri.

Tapi ia hanya sebatas ingin dan tidak serius dalam mempelajari bahasa Inggris. Dan ia tetap menghabiskan waktu untuk bermain game dan terkadang saja mempelajari bahasa Inggris.

Akhirnya ia menguasai bahasa Inggris dengan cara sangat lambat.

Menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris karena game bukanlah hal yang salah, hanya saja kurang maksimal.

 

Tentu kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan cara yang cepat kan?

Dari kedua contoh di atas tidak ada yang salah.

Hanya saja disini saya ingin memberikan sebuah gambaran bahwa menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris yang kamu buat pasti akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas usaha kamu dalam mencapainya.

Kamu pasti mau kan usaha kamu menjadi berkualitas?

Maka menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris yang berkualitas adalah keharusan, agar usaha yang kita lakukan menjadi maksimal.

Jadi, dalam panduan ini saya tidak akan membahas tujuan-tujuan yang kurang bagus kualitasnya untuk dijadikan tujuan. Tapi saya akan membahas tentang menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris yang akan membuat kita semakin bersemangat dalam mempelajari bahasa Inggris dan membuat kita menjadi pantang menyerah untuk mempelajarinya.

Dan tahukah kamu apa tujuan terbaik dari semua tujuan yang ada?

Mengamalkan. 

Berikut ini adalah menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris yang terbaik yang akan meningkatkan gairahmu untuk belajar bahasa Inggris.

 

A. menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris untuk mengamalkannya

Mengamalkan ilmu kepada orang lain adalah tujuan terbaik dan terjitu untuk membuat kita mudah memahami dan pantang menyerah dalam mempelajari sesuatu.

Mengapa terbaik?

Bukankah jika kita menguasai bahasa Inggris dan kita bertujuan untuk keluar negri itu adalah tujuan terbaik karena kita mempelajari bahasa Inggris dan pergi ke sebuah tempat yang menggunakan bahasa Inggris?

Saya katakan itu adalah tujuan yang baik, diantara yang terbaik.

Mengapa mengamalkan ilmu kepada orang lain adalah tujuan yang terbaik dan terjitu untuk membuat kita mudah memahami dan pantang menyerah dalam mempelajari sesuatu?

Ada beberapa alasan.

  1. Kamu akan lebih fokus dan lebih bersemangat
  2. bermanfaat untuk orang lain
  3. Rasa bahagia melihat orang lain sukses berkat jalan kita
  4. Dicatat sebagai amal jariyah

1. Kamu akan lebih fokus dan lebih bersemangat

Disaat kamu mempelajari sesuatu, pasti kamu akan sangat serius mempelajarinya. Tak ingin ada yang terlewatkan setiap materi yang dipelajari. Karena apa?

Karena kamu menyadari tak mungkin kamu bisa mengamalkan ilmu ini jika kamu tidak menguasainya. Tak mungkin kamu bisa mengajarkannya kepada orang lain jika kamu asal-asalan belajarnya.

Dengan tujuan itu, maka pikiranmu akan memicu segala tingkah, gerakan, konsentrasi agar fokus terhadap pelajaran yang sedang kamu perjuangkan.

2. bermanfaat untuk orang lain

Ada banyak cara untuk mengamalkan ilmu, tak harus mengajarkannya. Yang penting dengan cara yang baik. Mengamalkan adalah memanfaatkan.

Namun mengajarkan ilmu adalah bentuk pengamalan yang sangat patut dilakukan. Karena dengan cara itu, ilmu kita akan bertambah dan akan semakin kuat menempel di memori kita.

Karena mengajarkan adalah metode mengulang yang paling efektif. Kita bisa mengawetkan ingatan kita, dan orang lain bisa mendapat manfaat dari kita.

Dengan berbagi, kita akan menguatkan ingatan kita dan akan membuat orang lain senang.

Berbagilah! Karena itu adalah sebab kita dicintai.

3. Rasa bahagia melihat orang lain sukses berkat jalan kita

Pernahkah kamu membuat orang lain sangat merasa berterimakasih terhadapmu berkat apa yang telah kamu perbuat?

Tentu kamu akan sangat senang ketika apa yang kamu perbuat sangat bermanfaat dan menolong bagi orang lain.

Apalagi, jika orang tersebut bisa mencapai kesuksesan berkat jalan dari kita. Pasti kita juga akan merasa sangat bahagia. Karena bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk banyak orang.

4. dicatat sebagai Amal jariyah

Dalam agama Islam, jika kita membagikan ilmu yang kita miliki kepada orang lain adalah bernilai pahala.

Dan pahala yang dijanjikan jika kita menyebarkan ilmu adalah pahala yang tak ada  putusnya selama orang yang kita ajari terus mengamalkannya dan bahkan bisa berkembang jika ia menyebarluaskannya lagi.

Tentu inipun menjadi investasi di akhirat.

B. menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris untuk beasiswa

Beasiswa bisa menjadi tujuan yang sangat bagus untuk sebuah alasan mengapa kita harus mampu dan menguasa bahasa Inggris.

Jika kita bertujuan mengambil beasiswa di dalam negri, tes bahasa Inggris adalah salah satunya yang harus dilewati.

Dan jika kita mengambil beasiswa untuk belajar di luar negri. Sudah pasti ini adalah syarat yang harus kita lewati. Dengan memiliki tujuan ini, kita akan terus bersemangat mempelajari bahasa Inggris. Karena untuk lulus dari tes bahasa Inggris ini tidaklah mudah.

Maka dari itu kamu akan berpikir bahwa kamu harus benar-benar menguasai bahasa Inggris untuk mendapatkan beasiswa. Dengan mendapatkan beasiswa tentu kamu akan sangat senang untuk melanjutkan study mu di dalam atau di luar negri.

Karena kamu tak perlu pusing untuk memikirkan biaya bulanan bahkan harian yang sudah dipenuhi kebutuhannya.

Jadi untukmu yang kini masih sekolah di tingkat menengah atau atas. Sudah saatnya kamu menjadikan tujuan ini agar kamu semakin bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris.

c. menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris untuk pekerjaan

Dalam beberapa  perusahaan yang ada di indonesia mensyaratkan bagi karyawannya untuk mampu berbahasa Inggris, tapi sebetulnya tergantung di mana posisi pekerjaannya.

Ada juga yang tidak mensyaratkan bahasa Inggris. Tapi memberikan nilai lebih terhadap karyawannya dengan cara memberikan gaji di atas normal atau sedikit lebih besar dibandingkan dengan karyawan yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Dan jika kamu tidak ingin bekerja di sebuah perusahaan yang hanya menjadikan bahasa Inggris sebagai sampingan saja. Kamu bisa bekerja dan menjadi seorang tutor atau guru pengajar bahasa Inggris. Sehingga kamu bisa menghasilkan uang dan juga kamu tetap bisa mengasah ingatanmu tentang materi-materi bahasa Inggris yang pernah dipelajari.

Namun jika kamu tidak ingin bekerja dan memilih berwirausaha dengan membuat kursusan, itu adalah hal yang luar biasa. Kamu akan menghasilkan pundi-pundi rupia dengan hal itu jika kamu serius membangunnya.

Dan yang terakhir jika kamu belum mampu membangun kursusan, kamu bisa membuat sebuah kelompok belajar kecil atau les private, mengajarkan bahasa Inggris kepada beberapa orang anak agar kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari hal itu.

d. menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris untuk travelling

Dengan tujuan yang satu ini kamu pasti akan harus benar-benar menguasai bahasa Inggris. Bagaimana tidak, tentu kamu akan kesulitan menjalin komunikasi dengan orang-orang di luar negri jika kamu tidak bisa menguasai bahasa Inggris.

Dengan memiliki tujuan ini, pastikan juga kamu harus menabung sedini mungkin agar tujuanmu tercapai.

Yang pasti dengan tujuan ini kamu akan bersemangat untuk menguasai bahasa Inggris.

Jadi itu adalah 4 tujuan-tujuan terbaik dalam menguasai bahasa Inggris. Yang terpenting dengan tujuan-tujuan yang berkualitas akan memberikan efek pada kualitas kita dalam belajar.

Maka sudah sepantasnya kamu menjadikan salah satu dari beberapa tujuan di atas sebagai tujuanmu dalam menguasai bahasa Inggris.

Tetap semangat dan jangan lupa libatkan Sang Pencipta dalam setiap keperluanmu.

Karena kamu bisa berusaha tapi tak bisa menakdirkan.

Kamu baru menyelesaikan 1 dari 8 panduan untuk menguasai bahasa Inggris
12%
Gambar: piala

1 Komentar pada “Pentingnya Menentukan Tujuan Dalam Menguasai Bahasa Inggris

Tulis yang kamu pikirkan