Share this
[Sassy_Social_Share]

Penjelasan dan Cara Membuat Interrogative Nominal sentence

Gambar Pensil Metode

Penjelasan dan Cara Membuat Interrogative Nominal Sentence – Disini kita akan membahas secara bersama-sama bagaimana cara membuat kalimat tanya untuk kalimat nominal. Selalu ingat bahwa kalimat nominal adalah kalimat yang menggunakan tobe. 

1. Rumus

Gambar:Rumus dari introgative nominal sentence

2. Penjelasan

1 Untuk menjadikan kalimat tanya pada kalimat nominal kita hanya harus memindahkan tobe yang awalnya berada di tengah menjadi di awal kalimat dan menambahkan question mark ? di akhir kalimat.
Gambar: pindahkan tobe di awal

You are hungry. = kamu lapar.

Are you hungry? = Apakah kamu lapar?

2 Dari sini kita bisa mengetahui bahwa tobe tidak memiliki arti pasti. Tergantung bagaimana bentuk kalimatnya. Dan semua tobe dalam kalimat tanya akan berubah arti menjadi “Apakah?”.

Is he smart?    = Apakah dia pintar?

Am I wrong?     = Apakah aku salah?

Are you hungry? = Apakah kamu lapar?

3 Dan kamu tetap harus ingat bahwa kalimat nominal objeknya adalah berupa ANA. Yaitu Adjective, Noun dan Adverb. Jika objeknya adalah Verb maka kamu tidak boleh menggunakan tobe melainkan itu akan menjadi bentuk verbal yang akan kita bahas setelah ini.

Saya sering melihat beberapa orang di medsos yang sering melakukan kesalahan dasar ini. Seperti contoh, dia ingin bermaksud bertanya “Apakah kamu tidur?” dalam bahasa Inggris, dan ia menulisnya “Are you sleep?”.

Tentu itu adalah sebuah kesalahan. Kamu harus bisa membedakan mana verb dan mana ANA. “Sleep” adalah verb  atau kata kerja. Jika kamu masih kesulitan untuk membedakan Verb, coba kembali lagi ke materi ini.

3. Kesalahan umum

Incorrect

a. Are you drink this water?
b. do you hungry?

Ket:

- Pada kalimat (a) yang benar adalah "Do you drink this water?" karena drink adalah Verb bukan ANA

- Pada kalimat (b) yang benar adalah "Are you hungry?" karena hungry adalah Adjective bukan Verb.


4. Examples