Share this
[Sassy_Social_Share]

Pengertian Tenses

Gambar Pensil Metode

Dalam bab 2 ini, kamu akan mempelajari tenses. Sebagian dari kamu mungkin telah mendengar dan pernah mempelajari tenses namun mendapatkan kesulitan untuk memahaminya.

Disini saya ingin kamu percaya bahwa kamu bisa mempelajari tenses dan menghapalnya. Saya tidak mengatakan ini mudah, tapi sangat mudah untuk dipelajari. Berbekal kemampuanmu dalam berpikir, kamu pasti bisa menguasai bab ini.

Tentu berpikir saja tidak cukup, kamu harus memiliki kesabaran dalam belajar. Tak ada yang instant, semua butuh usaha dan proses. Jangan lupa libatkan Sang Pemberi Ilmu untuk memudahkan prosesmu.

Sudah siap untuk belajar? Mari kita mulai bab ini dengan sebuah pengertian.

Pengertian Tenses

Pengertian

Tenses adalah perubahan bentuk kata kerja (verb) yang dipengaruhi waktu dan sifat kejadian.

Dalam bahasa Inggris, suatu kata kerja bisa berubah bentuknya tergantung waktu yang dimaksudkan pada kalimat tersebut.

Contohnya seperti ini.

Gambar: Pengertian tenses

Coba kamu perhatikan kata ‘makan’ pada 3 kalimat di atas. 

Dalam bahasa Indonesia ketika kamu ingin mengatakan kata ‘makan’ untuk waktu sekarang atau yang telah lalu adalah tidak berubah, makan ya tetap makan. 

Namun dalam bahasa Inggris kata ‘makan’ akan berubah tergantung waktu yg dimaksudkan padanya.

H2ini dia

H3ini dia

H4ini dia

H5ini dia

Jika kamu selama ini menemukan kegagalan dalam mempelajari bahasa Inggris, bisa jadi kamu belum mempelajari bahasa Inggris secara sistematis. Belajar bahasa Inggris yang baik dan benar adalah dengan belajar secara sistematis atau dengan kata lain belajar tanpa lompat-lompat seperti mulai belajar langsung dari bab 2 tanpa mempelajari bab 1 terlebih dahulu. 

 

Gambar: Pengertian tenses-2

Coba kamu perhatikan kata ‘makan’ yang berubah-ubah dalam bahasa Inggris. Begitulah memang peraturannya.

Di atas juga adalah contoh verb 1, 2 & 3 yang nanti akan kita bahas.

Maka dari itu pelajaran ini sangat penting untuk dipahami. Ketika kamu ingin mengatakan ‘aku sudah makan’ namun kamu mengartikannya malah ‘I have eat’ maka itu adalah salah.

Ingat, bahwa yang berubah adalah kata kerjanya (verb) dalam suatu kalimat. Lalu darimana kita bisa mengetahui perubahan verb (seperti eat menjadi ate dan menjadi eaten) tersebut?

Tenang nanti akan kita pelajari itu.

Kamu tak perlu pusing kalau belum memahami penjelasan di atas. Kamu akan paham nanti setelah mempelajari sesi lainnya dalam bab ini.

Yang terpenting dalam sesi ini adalah kamu memahami bahwa pengertian tenses adalah merubah kata kerja dalam suatu kalimat berdasarkan waktu dan sifat kejadian.