Share this
[Sassy_Social_Share]

Nominal Sentence

Gambar Pensil Metode
Penjelasan Lengkap tentang Nominal Sentence – Disini kita akan mempelajari nominal sentence dengan lengkap dan jelas. Setelah sebelumnya kita mengetahui bahwa sentence dibagi menjadi 2 yaitu nominal sentence dan verbal sentence. Kini kita akan mempelajari bagian nominal sentence terlebih dahulu sebelum akhirnya kita membahas verbal sentence.
Gambar: Rumus Sentence for nominal

1. Penjelasan Nominal Sentence

Nominal sentence artinya Kalimat nominal. Kalimat nominal adalah kalimat yang menggunakan ToBe. Kamu bisa melihat rumusnya di atas. Sekarang, sebagai contoh kita ambil kalimat “I am a student” yang artinya “aku adalah murid”.

Dan kemudian kita pelajari rumusnya. Untuk memudahkan saya hilangkan dulu huruf a pada kalimat “I am a student”. Sehingga seperti inilah rumusnya:

Tenang, kamu ngga usah pusing. Disini kita akan bahas bersama-sama apa itu Tobe dan apa itu ANA. Namun sebelum kita membahasnya, pastikan kamu sudah membaca materi Part of Speech sampai selesai. Belajar bahasa Inggris akan terasa sulit jika kita tidak mempelajarinya secara sistematis. Dan materi Part of speech adalah materi yang paling dasar yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris. Klik link di bawah untuk membaca materi  tentang Part of Speech.

2. Cara Membuat Nominal Sentence

1 ToBe adalah kata yang mengikuti subjeknya. Kata tersebut adalah am, are, is

Gambar: Rumus ToBe

2 Kita sering mengatakan bahasa Inggris dari kata “adalah” yaitu is. Padahal kata “adalah” dalam bahasa Inggris bisa berupa am, is, are tergantung subjeknya. sebagai contoh coba lihat kalimat di bawah.

BENAR
I am Jack
- Aku adalah jack
He is Jack
- Dia adalah Jack
You are Jack
- kamu adalah Jack
SALAH
I am is Jack
- Aku adalah jack
He Jack
- Dia Jack
You are is Jack
- kamu adalah Jack

3 ANA berposisi sama seperti  OBJEK pada kalimat verbal. Disini ANA ada setelah ToBe dan fungsinya adalah menjelaskan posisi subjek. ANA adalah singkatan dari Adjective, Noun dan Adverb.  ANA disebut juga sebagai COMPLEMENT atau pelengkap. Maksudnya ANA akan melengkapi sebuah kalimat menjadi kalimat yang bisa dipahami. ANA juga bisa mempengaruhi arti ToBe.

Gambar: Arti ToBe tergantung ANA
4 Sekarang coba kita sedikit latihan dengan melihat beberapa contoh.

Adjective

I am smart
- Aku pintar
You are hungry
- Kamu lapar
We are full
- Kita kenyang
They are lazy
- Mereka malas
He is sleepy
- Dia ngantuk
Keterangan:

ToBe jika ANA adalah adjective maka tidak perlu diartikan layaknya Noun atau Adverb. Dan penggunaan ToBe tetap hukumnya wajib digunakan jika objeknya adalah ANA

Noun

I am wildan
- Aku (adalah) wildan
They are students
- Mereka (adalah) murid-murid
You are John
- Kamu (adalah) john
She is Afifah
- Dia (adalah) Afifah
He is James
- Dia (adalah) james
Keterangan:

Kata yang di dalam kurung (adalah) bermaksud bahwa kita bisa artikan ToBE dengan arti (adalah) jika ANA-nya adalah Noun. Tidak di artikan pun tidak menjadi masalah. Contoh: I am John = aku John.

Adverb

I am here
- Aku (berada) disini
You are over there
- Kamu (berada) disana
We are in classroom
- Kita (berada) di kelas
They are in library
- Mereka (berada) di perpustakaan
He is in Bekasi
- Dia (berada) di Bekasi
Keterangan:

Kata yang di dalam kurung (berada) bermaksud bahwa kita bisa artikan ToBE dengan arti (berada) jika ANA-nya adalah Adverb. Tidak diartikanpun tidak menjadi masalah. Contoh: I am here = aku disini.