Tingkatkan kualitas pribadimu dengan bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris secara sistematis mulai dari dasar dengan ilustrasi-ilustrasi yang mudah dipahami

Dua Metode Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

Updated | Written by

Dua Metode Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui – Sebuah metode akan menjadi penting saat kita gunakan untuk menjadi kendaraan dalam mencapai suatu tujuan.

Dalam mempelajari bahasa Inggris kita harus memahami cara-cara atau metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang tepat untuk menguasai bahasa Inggris. Dengan metode yang tepat, kita akan merasakan kemudahan dalam belajar.

Di panduan sebelumnya kita sudah membahas pentingnya menentukan tujuan dalam menguasai bahasa Inggris. Kemudian kita juga sudah melihat 14 manfaat yang akan kita rasakan saat kita mengusai bahasa Inggris.
 

Dan sekarang sebelum kamu mempelajari bahasa Inggris itu sendiri, kamu harus mengetahui metode dalam mempelajari bahasa Inggris apa saja yang bisa kamu gunakan dalam mempelajari bahasa Inggris.

Apa itu metode?

Secara sederhana, metode artinya adalah sebuah cara. Cara untuk mencapai sebuah tujuan.

Di panduan pertama kamu harus sudah menentukan untuk apa tujuanmu mempelajari bahasa Inggris.

Dan dengan tujuan itu kita akan mencari sebuah cara atau metode dalam mempelajari bahasa Inggris  terbaik untuk kita jadikan kendaraan untuk mencapai tujuan kita.

Dan dari setiap metode menawarkan sebuah cara yang cukup bagus untuk dilakukan. Tapi belum tentu itu yang terbaik menurutmu.

Karena,

Dalam sebuah metode tak menyesuaikan semua keinginan orang. Maka dari itu kita akan menemukan banyak metode yang memang itu biasa digunakan banyak orang.

Ada metode yang cocok, ada juga metode yang kurang cocok. Bisa jadi metode dalam mempelajari bahasa Inggris itu bagus untukmu tapi belum tentu bagus untuk orang lain.

Bisa dibilang, tergantung selera dan keadaan seseorang.

secara garis besar ada dua metode dalam mempelajari bahasa inggris

Dalam mempelajari bahasa Inggris, biasanya setiap orang memiliki perbedaan dalam menentukan metode dalam mempelajari bahasa Inggris .

Perbedaan tersebut lahir dari sebuah perbedaan tujuan.

Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa, maka metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang terbaik adalah dengan metode eksplisit atau mempelajari grammar. Karena kamu akan dihadapi dengan ujian bahasa Inggris. Tentu disamping itu kamu juga harus bisa berbicara dengan bahasa Inggris.

Dan

Jika kamu ingin pergi ke luar negri, maka metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang terbaik adalah dengan metode implisit atau kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari speaking.

apa itu metode explicit dan implicit?

Metode eksplisit (explicit) dan implisit (implicit) itu apa sih?

Secara garis besar metode dalam mempelajari bahasa Inggris dibagi menjadi dua bagian.

  1. Explicit
  2. Implicit

1. Explicit Method

Explicit artinya jelas atau gamblang.

Metode ini masuk menjadi kategori pada panduan dua metode dalam mempelajari bahasa Inggris

 

Maksudnya, dalam metode ini kita akan mempelajari bahasa Inggris dengan sangat detail dan jelas.

Mengapa sebuah kalimat bisa menjadi seperti ini dan mengapa sebuah kalimat bisa menjadi seperti itu.

Telah bertahun-tahun metode pengajaran eksplisit digunakan di Indonesia.

Pasti kamu pernah mempelajari grammar saat kamu duduk di bangku sekolah.

Ya, seperti itulah pembelajaran eksplisit.

Biasanya guru menyampaikan sebuah pemahaman yang cukup detail dengan penggunaan rumus-rumus yang ada yang ia tuliskan di papan tulis.

Tentu ini sangat bagus untuk kita agar kita bisa memahami dengan jelas perbedaan tata bahasa antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.

Namun nyatanya metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang satu ini cukup membosankan. Buktinya banyak di antara kita setelah lulus sekolah tidak bisa berbahasa Inggris. Ini sebuah fakta nyata.

Mengapa ini bisa terjadi?

Karena metode eksplisit lebih mengedepankan konteks pemakainnya. Seperti grammarnya harus benar, jika kita menyatakan kegiatan di waktu lampau harus menggunakan grammar yang betul, tidak boleh menggunakan grammar untuk menyatakan waktu sekarang.

Dan kita juga dituntut untuk menghapal sebuah rumus seperti S + V1 + O.

Padahal tujuan kita mempelajari bahasa Inggris adalah untuk berkomunikasi.

Dan terbukti adanya, bahwa metode dalam mempelajari bahasa Inggris secara eksplisit mengesampingkan penjelasan makna (makna bahwa bahasa Inggris yang kita pelajari adalah untuk berkomunikasi dan bukan untuk menambah pengetahuan tentang rumus-rumus dan istilah-istilah saja).

Sehingga metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang satu ini pun menjadi perdebatan di kalangan ahli bahasa.

Bahkan beberapa ahli bahasa berpendapat bahwa

“pengajaran tata bahasa yang tidak melibatkan makna bukanlah pengajaran tata bahasa”

Terlepas dari perdebatan itu.

Metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang satu ini terbukti ampuh untuk memahami secara jelas perbedaan tata bahasa antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Dengan metode ini pula kamu akan memahami sebuah perbedaan kecil dalam kalimat. Seperti contoh berikut ini

I   like a cat  = aku suka kucing

I’m like a cat  = aku seperti kucing

Ketika kita mempelajari grammar kita akan memahami mengapa kedua kalimat di atas memiliki arti yang berbeda.

2. Implicit Method

Implicit artinya tersirat atau tidak secara langsung.

Metode ini masuk menjadi kategori pada panduan dua metode dalam mempelajari bahasa Inggris

 

Ini maksudnya kita belajar bahasa Inggris tidak secara langsung memahami tata bahasanya.

Dengan kata lain kita akan mempelajari bahasa Inggris dengan mempelajari tata bahasa (Grammar) secara kontekstual dan tanpa menggunakan aturan-aturan grammar. Akan tetapi, tata bahasa tetap hadir dalam konteks percakapan.

Jadi,

kita mempelajari grammar secara tidak langsung.

Hal ini sejalan dengan pendapat Larsen dalam Spolsky (1999)

bahwa pengajaran tata bahasa haruslah kembali pada tujuan pengajaran bahasa yaitu untuk mencapai kemampuan komunikatif. Dengan demikian tata bahasa diajarkan ketika muncul dalam komunikasi.

Pembelajaran tata bahasa di sekolah-sekolah saat ini sudah banyak beralih ke metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti  ini.

Para ahli bahasa terapan modern menyarankan agar bahasa dipelajari secara tidak sadar ketika berkomunikasi.

Serperti seorang anak (di Amerika) yang tumbuh dan mengerti bahasa Inggris tanpa mempelajari grammar.

Contoh pembelajaran implisit adalah seperti belajar langsung melalui percakapan lalu mempraktekannya (mengucapkannya).

kesimpulan dan perbedaan

Kesimpulan dari dua metode di atas adalah sebagai berikut.

EXPLICITIMPLICIT
Pengertian
Eksplicit artinya jelas atau secara langsung. Maksudnya adalah mempelajari tata bahasa (grammar) secara detail dan langsungImplicit artinya tersirat atau tidak langsung. Maksdunya adalah mempelajari tata bahasa (grammar) secara tidak langsung
Untuk siapa?
Metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti ini sangat pantas untuk kamu yang ingin mendalami bahasa Inggris.Metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti ini sangat pantas untuk kamu yang ingin menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.
Untuk tujuan apa?
Jika kamu bertujuan mendapatkan beasiswa, kamu harus mempelajari bahasa inggris menggunakan metode ini.Jika kamu bertujuan ingin berpergian ke luar negri, kamu harus mempelajari bahasa Inggris dengan metode ini.
Kekurangan
Metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti ini cukup lambat untuk perkembangan seseorang yang ingin menguasai speaking.Metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti ini bisa membuatmu melakukan banyak kesalahan grammar yang tak disadari saat mengucapkan suatu kalimat
Kelebihan
Metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti ini cukup cepat untuk perkembangan seseorang yang ingin memahami perbedaan tata bahasaMetode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti ini cukup cepat untuk perkembangan seseorang yang ingin menguasai speaking.
Saran
Jika kamu ingin cepat menguasai speaking, jangan lupakan metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti yang satu ini. Kamu juga perlu belajar dengan metode ini setelah kamu menguasai speaking.Jika kamu ingin menguasai grammar, jangan lupakan metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang seperti satu ini. Jika tidak mempelajari metode ini, kamu akan butuh waktu yang lama untuk bisa speaking.

Dari kesimpulan di atas. Kita harus menyadari bahwa tujuan kita bisa berbahasa Inggris adalah untuk berkomunikasi.

Kedua Metode dalam mempelajari bahasa Inggris di atas sama baiknya. Jadi kamu harus menggunakan kedua metode tersebut.

Namun pelajari bahasa Inggris karena tujuan yang telah kamu tentukan.

Jadi kamu juga harus bijak menentukan mana dulu metode dalam mempelajari bahasa Inggris yang akan kamu pelajari. Apakah metode implicit dulu atau explicit dulu.

Mudah-mudahan panduan dua metode dalam mempelajari bahasa Inggris ini membantumu  dalam menentukan metode mana yang akan kamu gunakan lebih dulu.

Kamu baru menyelesaikan 3 dari 8 panduan untuk menguasai bahasa Inggris
36%
Gambar: piala